Nalar, Orientasi dan Kedewasaan Beragama di Masa Wabah

Oleh Ahmad Muttaqin
Virus, Manusia, Tuhan
Virus, Manusia, Tuhan

Bagaimana nalar masyarakat menghadapi wabah Covid-19? Apakah perbedaan orientasi keagamaan instrinsik dan extrinsik berimplikasi pada perbedaan kualitas cara menyikapi wabah? Mengapa sebagian masyarakat agama abai terhadap protokol kesehatan  pada masa adabtasi kebiasaan baru? Perubahan lanskap keberagamaan seperti apa yang berpotensi muncul pada masa adaptasi kebiasaan baru dan pasca wabah?

Jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan di atas dapat ditemukan dalam artikel terbaru saya berjudul “Nalar, Orientasi dan Kedewasaan Beragama di Masa Wabah: Apa yang Dapat Studi Agama-Agama Lakukan?” dalam buku Virus, Manusia, Tuhan: Refleksi Lintas Iman tentang Covid-19, yang diedit oleh Dicky Sofyan dan Muhammad Wildan (KPG & ICRS, Desember 2020).

Diskusi nalar beragama dalam artikel tersebut direfleksikan melalui penelaahan menjamurnya psudosciencedan pseudoreligionyang digunakan warga agama dalam merespon dan menyikapi wabah. Orientasi beragama dijelaskani menggunakan teori Allport tentang oriantasi dan kematangan beragama. Sedangkan kedewasaan beragama dibahas menggunakan konsep healthy minded dan sick soul religion-nya William James.

Refleksi nalar, orientasi dan kedewasaan beragama saat pandemi ini kemudian digunakan sebagai pijakan untuk meneropong kemungkinan terjadinya perubahan potret dan lanskap keberagamaan pada masa adabtasi kebiasaan baru (new normal) dan pasca wabah. Belum adanya norma baru (new norm) pada masa normal baru (new normal) ditengarai menjadi salah satu faktor ketidaktaan sebagian masyarakat agama pada protokol kesehatan pada masa wabah.

Di sinilah Studi-Agama-Agama (SAA) memiliki relevansi untuk tampil memberikan solusi melalui kajian-kajian strategis. Sebagaimana saya rekomendasikan di bagian akhir artikel tersebut, Studi Agama-Agama perlu memperkuat kajian multidisiplin, transdisiplin dan interdisplin (integratif dan interkonektif keilmuan) yang berorientasi padaproblem solving.

Perlu dikembangkan tema kajian dan research group yang fokus pada agama dan sains, agama dan teknologi, agama dan bioethics, agama dan lingkungan, agama dan kesehatan, religious data science, keberagamaan dan keadaban publik di ruang digital, teologi bencana dan manajemen resiko, dan lain-lain.

Pada konteks inilah pengembangan Applied Religious Studies(Studi Agama Terapan) menemukan momentum yang tepat untuk memperkuat dimensi etis-aksiologis dari keilmuan ini. Dengan begitu, SAA diharapkan mampu memberikan kontribusi keilmuan yang kongkrit, sebagai bagian dari problem solver di masyarakat, bukan sekedar narasi yang normatif dan mengawang-awang.”

Selamat membaca.

Pawai Budaya Muhammadiyah

Minggu lalu, tepatnya 20 Mei 2010, SD tempak anak saya belajar menyelengarakan Pawai Budaya dalam rangka menyambut 4 moment sekaligus: hari pendidikan nasional, hari kebangkitan nasional, Milad SD Muhammadiyah Bodon yang ke-96, serta menyongsong Muktamar 1 Abad Muhammadiyah ke 46 di Yogyakarta awal Juli yang akan datang.

Selain pawai andong, kegiatan itu juga dimeriahkan dengan lomba peragaan busana Nusantara serta pemilihan Dimas dan Diajeng antar kelas. Tidak kurang 120 andong dihias dengan berbagai atribut, disesaki oleh anak-anak SD yang mengenakan pakaian adat Jawa, Riau, Banjar, Bali, Minang, Palembang, dll. Replika candi prambana dan Tugu Jogaja pun juga ikut diarak. Continue reading “Pawai Budaya Muhammadiyah”

Hari ini, tujuh tahun yang lalu

Maka nikmat Tuhan yang mana (lagi) yang akan engkau dustakan? Demikian salah satu ayat yang diulang hingga 30 kali dalam Surat Ar-Rahman.

Mengapa Allah mengulang-ulang ayat tersebut? Apakah manusia begitu bebal hingga diingatkan berkalai-kali? Saya yakin Allah tahu persis dengan makhluk ciptaannya ini yang mudah berbuat salah dan lupa. Karena itulah peringatan dalam bentuk kalimat tanya itu Allah firmankan berulang kali, meski kenyataanya hanya sedikit dari manusia yang mau bersyukur (wa qaliilun min ‘ibaadiyas-syakuur). Continue reading “Hari ini, tujuh tahun yang lalu”

Persidangan Mahasiswa

Persidangan dengan “terdakwa” seorang ayah dari dua anak digelar Jum’at, 4 September 2009 pukul 3 sore waktu Brisbane. Dihadapan 3 professor dan beberapa mahasiswa program doktor terdakwa diminta mepertanggungjawaban atas semua yang telah ia tulis. Bahkan, yang baru saja ia omongkan dihadapan pengunjung sore itu juga mereka pertanyakan.

Ia sudah berada di dalam ruang Millenium gedung Macrossan bebera menit sebelum mereka datang. Tumpukan “alat bukti” dan “alibi” tertata di atas meja. Sebuah laptop dan LCD projector disiapkan untuk menampilkan barang bukti tersebut. Wajahnya tampak gugup; sesekali ia membenahi pakaian yang dikenakan: baju putih bermotif kotak dimasukkan dalam celana kantoran dan dibalut jaket hitam semi jas. Perasaannya makin bertambah “nano-nano” ketika melihat lelaki tegap 60-an tahun masuk ke ruang sidang. Dia adalah “hakim” external dari kampus yang usianya jauh lebih tua dari tempat terdakwa menuntut ilmu.

Kembali ke Brisbane

Ahad ini, 3 mei 2009 saya harus meneruskan “langkah,” kembali ke Brisbane, terminal kawah condrodimuko-ku tahap 3 yang sudah aku mulai sejak oktober 2008. Satu bulan tepatnya langkah tersebut saya “pause” demi ibunda tercinta.

Setelah beberapa bulan diuji dengan rasa sakit, senin pagi 13 April 2009, wanita perkasa itu akhirnya dipanggil Yang Maha Segala-galanya, menyusul ayahanda yang telah menghadap-Nya 14 tahun yang lalu. Selamat jalan ibunda.

Doa kami selalu menyertaimu. Memenuhi harapanmu adalah kewajibanku.

Ber Idul Fitri di Kampung Halaman

Alhamdulillah, idul Ftri tahun 1429H ini kami sekeluarga bisa berkumpul bersama di rumah Ibu, tepatnya di Sumber Kidul, Ponjong, Gunungkidul. Berbagai acara kekeluargaan (trah) digelar, lengkap dengan aneka hidangan penuh selera.

Tahun ini saya juga diamanati untuk berkhutbah di Lapangan Ponjong. Doa dari segenap handai taulan sangat saya harapkan untuk kesuksesan menunaikan amanah tersebut.